Indonesia terkenal dengan keberagaman budayanya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan budayanya ini jugalah yang membuat Indonesia juga kaya akan kesenian tradisional. Tidak hanya berupa kesenian tari yang sudah terkenal bahkan diakui oleh dunia, seni musik tradisional Indonesia juga tidak kalah kayanya.

Sebagai sebuah warisan budaya yang tumbuh dari kearifan lokal dan budaya daerah setempat, kesenian musik tradisional memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis kesenian lainnya. Ciri khusus itu antara lain, lirik yang digunakan biasanya menggunakan bahasa daerah, kemudian alat musik yang digunakan juga alat-alat musik tradisional. Nah berikut ini adalah beberapa contoh kesenian musik tradisional yang ada di Indonesia.

1. Gambang Kromong

Gambang Kromong ini adalah seni musik tradisional yang berasal dari daerah Jakarta. Pada awalnya, kesenian ini merupakan hasil adaptasi musik dan lingkungannya. Cikal bakal gambang kromong ini adalah musik tradisional yang dibawa oleh etnis China. Karena adanya adaptasi yang baik, kesenian ini kemudian menjadi kesenian musik tradisional yang wajib ada dalam perayaan-perayaan masyarakat Betawi untuk mengiringi kesenian tari tradisionalnya. Selain mengiringi tarian seperti Tari Colek, Gambang Kromong juga sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan lenong.

2. Goong Renteng

Satu lagi contoh kesenian musik tradisional yang bisa ditemukan di Indonesia adalah Goong Renteng. Kesenian musik tradisional ini berasal dari daerah di Bandung yang bernama Wangibatukut, Pameungpeuk. Kesenian ini biasanya hanya ditampilkan untuk acara Maulid Nabi/muludan. Instrumen penyusun kesenian tradisional Goong Renteng ini terdiri dari Bonang, Saron, Beri, Kecrek, Kendang dan Goong. Lagu-lagu yang dibawakan pun beragam seperti lagu Pucung Lingkup, Pagkur, Lagu Seserengan dan beberap lagu lainnya. Sama seperti kesenian tradisional lainnya, Goong Renteng juga merupakan bentuk adaptasi dari musik gamelan yang kemudian diadaptasi dan diberikan nuansa khas kedaerahan di dalamnya.

3. Gamelan Jawa

Jika berbicara tentang seni musik tradisional yang ada maka tidak lengkap jika tidak membicarakan gamelan Jawa. Kesenian tradisional ini adalah kesenian tradisional yang paling banyak dan paling sering dilihat. Gamelan umumnya digunakan untuk mengiringi upacara-upacara khusus seperti upacara pernikahan atau hanya sekedar sebagai hiburan seperti untuk mengiringi pertunjukan wayang. Dalam kesenian ini instrumen yang digunakan cukup bervariasi seperti bonang, kenong, saron, peking, gong, gambang kayu, suling, kendang dan beberapa alat musik lainnya.

Kekayaan kesenian dan kebudayaan di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa kesenian tradisional di Indonesia sudah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Selain beberapa seni musik tradisional yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa jenis musik tradisional lain dari daerah lain pula. Dengan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, Anda patut berbangga karena menjadi bagian di dalamnya. Oleh karena itu, tugas kita jugalah untuk menjaga dan semakin memperkenalkannya pada dunia.