Sulit untuk menentukan apa musik Asia karena genre musik ini sangat beragam di alam. Musik benua Asia dibagi menjadi wilayah dan lebih jauh lagi, ke negara-negara tertentu. Budaya masing-masing daerah diikuti oleh budaya negara masing-masing telah menciptakan sejumlah besar jenis musik di Asia.

Asia dibagi menjadi lima wilayah utama: Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Barat. Masing-masing wilayah ini adalah rumah bagi beberapa negara yang semuanya menampilkan tren musik unik yang berbeda. Selama berabad-abad, sejarah telah membentuk formasi musik di setiap negara Asia. Alih-alih mengacu pada musik Asia secara keseluruhan hari ini, sekarang kami merujuk lebih spesifik ke masing-masing negara: yaitu musik Thai, Musik Cina, atau musik Mongolia.

Negara-negara Asia Tengah termasuk Afghanistan, Kazakhstan, Mongolia, dan Uzbekistan. Musik Afghan modern menyebar dari lagu-lagu Muslim ke lagu-lagu klasik dan musik liris yang dinyanyikan di Persia. Musik Afghanistan cenderung sangat mirip dengan apa yang mungkin ditemukan di negara-negara Muslim yang dominan lainnya. Mongolia dikenal karena musiknya menjadi bagian inti dari negara. Bahkan, orang-orang Mongolia dikenal karena lagu-lagu panjang mereka dan fobi berkepala kuda. Kazakhstan telah sangat dipengaruhi oleh bekas Uni Soviet dan Rusia saat ini. Oleh karena itu, musik negara ini sangat bergantung pada keahlian klasik. Akhirnya, Uzbekistan adalah campuran musik klasik dan pop rock, lagu-lagu rakyat dan musik tradisional dari barat negara itu.

Asia Timur adalah rumah bagi Cina, Jepang, Korea, dan Taiwan. Meskipun sebagian besar musik Asia Timur memiliki kesamaan gaya, keempat negara ini tidak dapat dikelompokkan bersama dalam dunia musik. Musik budaya Tionghoa terbagi menjadi banyak wilayah hingga sulit untuk menjelaskan semuanya. Musik tradisional Jepang tenang dan tidak mengikuti ketukan spesifik. Musik Korea mengikuti gaya rakyat dan istana dan biasanya didasarkan pada keyakinan Buddha. Taiwan adalah melting pot budaya dan karena itu adalah rumah bagi berbagai jenis musik. Keempat negara-negara ini telah sangat dipengaruhi oleh budaya Barat dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang dikenal untuk musik pop dan rock serta musik budaya tradisional.

Musik Asia Selatan biasanya didasarkan pada Hinduisme, Islam, dan Budha karena ini adalah agama utama di negara-negara Bangladesh, India, Pakistan, dan Sri Lanka. India telah dipengaruhi sedikit oleh budaya Barat dan juga dikenal dengan musik pop dan rock. Secara keseluruhan, bagaimanapun, musik di Asia Selatan adalah agama dan sangat tradisional dalam bentuk dan ketukan.

Musik Asia Tenggara menjangkau lebih dari sepuluh negara dan sekali lagi cukup beragam di alam. Dengan keragaman budaya seperti itu di wilayah ini, ada ratusan jenis musik yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk musik adalah Asia Barat, meskipun jenis musik ini cenderung jauh lebih Arab dan Afrika dalam bentuk.

Musik Asia sangat beragam secara budaya sehingga studi komprehensif tentang ratusan jenis musik, ketukan yang digunakan, instrumen yang dimainkan, dan para penggubah yang dikenal membutuhkan waktu seumur hidup untuk menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *