Indonesia mempunyai bermacam suku, agama, kebudayaan, barang tradisionil, dan Tarian Tradisionil. Sangat disayang kan apabila tarian di indonesia ini tidak demikian disuruhi oleh pemuda zaman saat ini, walau sebenarnya ada loh tarian yang di indonesia demikian populer sampai dunia. Gk yakin? Saya juga akan mengatakan 5 Seni Tarian Indonesia yang Mendunia!

5 Seni tari Indonesia yang mendunia

1. TARI BALI

Kesenian tari bali ini benar-benar sangat di kagumi banyaknya wisatawan asing seperti wisatawan dari AS, Tailan, Australia, Jerman, Jepang dan Cina, karna mereka sukai dengan tarian anak bangsa indonesia yang makin tersohor karna karya kesenian tari mereka ini. Banyak turis yang ingin bertandang untuk dapat belajar tari bali karna mereka sukai sekali dengan narasi dan pertunjukan seni bali tersebut, bali sangat banyak di jumpai sanggar tari apakah itu tari seperti tari leak atau tari legong yang sangatlah populer sekali.

2. TARI SAMAN

Diantara beragam macam tarian dari pelosok Indonesia, tari saman termasuk juga dalam kelompok seni tari yang sangat menarik. Kekhasan tari saman ini terdapat pada kekompakan pergerakannya yang sangat menarik. Beberapa penari saman dapat bergerak serentak ikuti irama musik yang serasi. Beberapa gerakan teratur itu seakan digerakkan satu badan, selalu menari dengan kompak, ikuti dendang lagu yang dinamis. Benar-benar menarik, bukan? Tidak salah bila tari saman banyak memikat hati beberapa pencinta seni tari. Tidak cuma dari Indonesia, tapi juga dari

3. TARI REOG PONOROGO

Reog yaitu salah satu kesenian budaya yang datang dari Jawa timur bagian barat-laut serta Ponorogo dipandang jadi kota asal Reog yang sesungguhnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok serta gemblak, dua sosok yang turut tampak ketika reog ditampilkan. Reog yaitu salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih tetap sangat kental dengan beberapa hal yang berbau mistik serta pengetahuan kebatinan yang kuat. Reog sangat menghibur turis-turis yang datang ke Indonesia serta Reogpun jadi salah satu tarian Indonesia yang mendunia.

4. TARI PENDET

Tari Pendet awal mulanya adalah tari pemujaan yang banyak diperagakan di Pura, satu tempat ibadat untuk umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Tarian ini di ciptakan oleh I Wayan Rindi. Rindi adalah pakar tari yang terkenal jadi penggubah tari pendet sakral yang dapat di pentaskan di pura tiap-tiap upacara keagamaan. Tari pendet dapat juga berperan jadi tari penyambutan. Lambat-laun, bersamaan perubahan jaman, beberapa seniman Bali merubah Pendet jadi “tarian perkataan selamat datang”, walau tetaplah memiliki kandungan anasir yang sakral-religius. tari Pendet sampai waktu ini jadi tontonan harus wisatawan yang bertandang ke Pulau

5. TARI KECAK

Kecak (pelafalan : /’ke. tʃak /, dengan kasar “KEH-chahk”, pengejaan alternatif : Ketjak, Ketjack), yaitu pertunjukan seni ciri khas Bali yang di ciptakan pada tahun1930-an serta dimainkan terlebih oleh lelaki. Tarian ini ditampilkan banyaknya (beberapa puluh atau lebih) penari lelaki yang duduk berbaris melingkar serta dengan irama tertentu menyerukan “cak” serta mengangkat ke-2 lengan, melukiskan cerita Ramayana waktu barisanKera membantuRama melawan Rahwana. Akan tetapi, Kecak datang dari ritual Sanghyang, yakni kebiasaan tarian yang penarinya juga akan berada pada keadaan tidak sadar lakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh beberapa leluhur serta lalu mengemukakan sebagian keinginannya pada orang-orang.

Beberapa penari yang duduk melingkar itu kenakan kain kotak-kotak seperti papan catur memutari pinggang mereka. Terkecuali beberapa penari itu, ada juga beberapa penari beda yang memainkan peran tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, serta Sigriwa.

Lagu tari Kecak di ambil dari ritual tarian sanghyang. Diluar itu, tidak dipakai alat musik. Hanya dipakai kincringan yang dipakai pada kaki penari yang memainkan peran tokoh-tokoh Ramayana.

Sekitaran th. 1930-an Wayan Limbak bekerja bersama dengan pelukis Jerman Walter Spies membuat tari Kecak berdasar pada kebiasaan Sanghyang serta bagian-bagian cerita Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini waktu berkeliling-keliling dunia dengan rombongan penari Bali-nya. Sampai waktu ini tari Kecak jadi tarian yang dikenal dunia lawat ciri khasnya yg tidak berada di negara manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *